Skip to main content

PENGANTAR KOMPUTASI MODERN DALAM HAL SISTEM OPERASI, JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI DATA

Pada penulisan sebelumnya sudah dibahas mengenai sejarah dan pengertian dari komputasi modern, yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu input permasalahan yang ada dan diproses melalui sebuah memori pada suatu computer dengan algoritma dari suatu program perangkat lunak.

Pada penulisan kali ini membahas mengenai komputasi modern dalam hal sistem operasi, jaringan Komputer dan komunikasi data. Pertama saya akan menjelaskan mengenai sistem operasi:

Sistem operasi

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu.

Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Jaringan Komputer

Jaringan (network) adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuam yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel. 

Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien: Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama, serta berbagi pemakaian CPU, Memori, dan Harddsik.

Macam-macam jaringan computer modern

Dalam jaringan computer modern ada beberapa macamnya diantaranya :

a.        Wifi
Adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Wi-Fi Alliance mendefinisikan Wi-Fi sebagai "produk jaringan wilayah lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11". Meski begitu, karena kebanyakan WLAN zaman sekarang didasarkan pada standar tersebut, istilah "Wi-Fi" dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim "WLAN".
Penggunaan wifi cukup banyak digunakan diperkantoran, kampus, maupun sekolah formal lainnya, mungkin dizaman sekarang penggunaan wifi sudah banyak diaplikasikan kedalam gedung-gedung karena sudah menjadi kebutuhan pokok penunjang kemajuan suatu organisasi tersebut.

b.        Lifi
Teknologi ini menggunakan kecepatan cahaya untuk mengirim sebuah data.Perangkat pertama pemberi sinyal akan memancarkan cahaya sekaligus mengirim data,kemudian diterima oleh receiver. Peneliti itu juga mengatakan kamera yang terdapat dalam smartphone dapat digunakan sebagai perangkat penerima,tentunya dengan sedikit modifikasi terlebih dahulu. Li-Fi adalah label untuk sistem nirkabel komunikasi menggunakan cahaya sebagai pembawa bukan frekuensi radio tradisional, seperti di Wi-Fi.
Li-Fi digunakan sebagai istilah komunikasi cahaya tampak lebih umum (VLC), yang merupakan penggunaan dari bagian cahaya tampak dari spektrum elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.Istilah Li-Fi diciptakan oleh Profesor Harald Haas dari Universitas Edinburgh di Inggris dan CSO pureVLC, dan mengacu pada jenis teknologi VLC, solusi komunikasi mobile berkecepatan tinggi dengan cara yang sama seperti Wi- Fi. Oleh karena itu, dasar prasyarat untuk Li-Fi adalah link dua arah melalui media yang sama. Istilah ini pertama kali digunakan dalam konteks ini oleh Harald Haas

Komunikasi Data
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet. Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer,komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan dengan peralatan.

Contoh komunikasi data modern adalah :

A. Pengertian 4G

4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa inggris: fourth-generation technology.istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembang dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan Jaringan pita lebar ultra untuk perlengkkapan elektronik, contohnya telepon pintar dan laptop menggunakan modem usb.

B. Perkembangan teknologi 4G

-> generasi pertama : hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistm analog kecepatan rendah(low-speed) dan suara sebagai objek utama. Contoh: NMT(Nordit Mobile Telephone) dan AMPS(Analog Mobile Phone System)
-> generasi kedua: dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah-menengah. Contoh: Gsm dan Cdma2000 1xRTT
-> generasi ketiga: digital, mampu menstransfer dengan kecepatan tinggi(high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk pita lebar(broadband).contoh: W-CDMA(atau dikenal jega dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.

C. Spesifikasi 4G

Jaringan 4G secara spesifik diarahkan untuk menyediakan layanan berkualitas dan kecepatan transfer data yang tinggi pula.jaringan ini ditunjukan untuk memberikan kualitas penerima yang lebih baik, aliran transfer data lebih stabil, serta pertukaran inforamasi lebih cepat.
Internasional Telecommunication Union(ITU) atau orgnisasi yng mengawasi standar untuk jaringan nirkabel menyatakan bahwa kemajuan signifikan untuk layanan pesan multimedia, termasuk layanan vidio, merupakan suatu hal yang harus segera dicapai.4G mampu memberikan kecepatan transfer data minimal 100mbps, saat pengguna bergerak pada kecepatan tinggi, serta besarnya 1Gbps dalam posisi diam.

D. kemajuan menuju 4G

Salah satu implementasi jaringan 4G terdapat pada teknologi wimax, yang merupakan versi cepat dari transfer data nirkabel melalu jaringan wifi. LTE adalah teknologi lain yang sedang berusaha mendapatkan standart 4G, meskipun belum cukup memenuhi persyaratan untuk kecepatan data. Meskipun demikian, wimax dan LTE telah di beri label sebagai jaringan 4G, meskipun pengakuannya masih memicu sefikit kebingungan dan kontravsi. Karena kedua metode tersebut menggunakan paket IP dan telah menunjukan kemajuan dibandingkan standsrt 3G. Hal itulah yang menyebabkan wimax dan LTE mendapatkan pelabelan sebagai 4G.


Sumber:

http://tkj-septialutfi-1102412020.blogspot.co.id/2014/10/jaringan-komputer-modern.html

Comments

Popular posts from this blog

BLENDER VS SKETCHUP

Membuat suatu objek saat ini dapat dengan mudah kita lakukan dengan berbagai aplikasi yang tersedia, baik yang berbayar hingga yang gratis. Banyak software yang digunakan untuk membuat suatu desain, baik itu desain gambar, video, animasi dan lain-lain. Masing-masing software tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, salah satu software grafis yang terkenal yaitu blender. Mari kita simak menegenai blender: Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D . Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi , efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering. Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada beberapa kelebihan

Pengalaman Menggunakan Internet Pertama Kali

      Pada waktu duduk dibangku sekolah menengah pertama tepatnya pertama kali saya mencoba menggunakan internet. Lebih tepatnya kelas 7 saya diberikan tugas oleh guru salah satu mata pelajaran pada waktu sekolah. Untuk pertama kali saya dapat mengakses internet di salah satu tempat dekat dengan sekolah yaitu warnet atau warung internet. Karena pada waktu itu saya belum memiliki akses internet di rumah dan untuk pertama kalinya saya mendapatkan tugas untuk mencari data mengenai suatu pembahasan atau materi yang diberikan oleh guru saya pada saat itu.       Ketika saya pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas ditemani oleh salah seorang teman satu kelas yang memang diberikan tugas dengan materi yang sama sehingga kita dapat mengerjakan bersama. Saya memilih internet explorer untuk dapat mengakses internet tersebut. Namun, menurut saya browser tersebut cukup lambat dalam mengakses internet dan saya memutuskan untuk beralih atau mencari browser lain yang dapat mengakses internet denga

Membetulkan dan Mengefektifkan Kalimat

Membetulkan dan Mengefektifkan Kalimat A.Pengantar Untuk dapat membetulkan sesuatu, kita harus mengetahuidengan tepat letak kesalahan terlebih dahulu. Tanpa mengetahui letak kesalahannya, suatu pembetulan mungkin justru menyebabkan kesalahan atau kerusakan yang lebih parah dari sebelumnya. Demikian pula dalam pembetulan suatu kalimat. Kesalahan penyimpangan dari aturan yang benar atau betul. Pada garis besarnya kesalahan itu dapat dibedakan menjadi kesalahan ejaan ( termasuk didalamnya kesalahan tanda baca) dan kesalahan tata bahasa. Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat ditangkap dan mudah dipahami oleh pembaca, menghayati masing-masing tuturan itu. Keterpahaman inilah yang mennjadi salah satu kriteria kalimat efektif. B.Kesalahan Kalimat Kesalahan kalimat dapat dibedakan dari dua segi, yakni kesalahan internal dan kesalahan eksternal. Kesalahan internal adalah kesalahan kalimat yang diukur dari unsur-unsur dalam kalimat, sedangkan kesalahan ekster