Skip to main content

Teori Komputasi Modern

Teori Komputasi dan Komputasi Modern

Pada penulisan ini saya akan membahas mengenai teori komputasi, teori komputasi sendiri  merupakan ilmu yang membahas mengenai bagaimana cara untuk menyelesaikan suatu masalah atau persoalan dengan menggunakan algoritma. Sedangkan komputasi modern itu merupakan bagian dari ilmu komputasi yang dalam penerapannya dibantu oleh alat yaitu computer untuk menyelesaikan masalah dan persoalan dengan algoritma yang telah diterapkan.

Sejarah dan Perkembangan

Dalam sejarah dan perkembangan dari komputasi modern terdapat suatu konsep dimana konsep tersebut berpendapat bahwa suatu sistem yang menerima instruksi-instruksi atau perintah dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep tersebut berasal dari seorang ilmuan dan ahli matematikayang bernama John Von Neumann (1903-1957).

Teori Automata dan Bahasa formal

Teori automata secara umum dikenal dengan teori yang mengenai mesin-mesin abstrak. Automata sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu automatos yang berarti sesuatu yang bekerja otomatis atau dapat kita artikan sebagai suatu mesin. Bukan hanya mesin elektronis saja melainkan juga termasuk perangkat lunak terutama pada pembuatan compiler Bahasa pemrograman.

Teori automata berkaitan dengan Bahasa formal, Bahasa formal itu sendiri merupakan sebuah himpunan dari string, untuk mendefiniskan suatu bahasa dengan menuliskan semua string yang menjadi anggotanya. Terdapat hubungan antara automata dan bahasa formal yaitu fungsi automata sebagai pengenai (recognizer) string dari suatu bahasa sebagai masukan dari automata. Hubungan yang kedua sebagai pembangkit (generator) string dari suatu bahasa sebagai keluaran dari automata.

Finite state machine

Finite State Machine (FSM) merupakan perangkat komputasi yang memiliki input atau dapat menerima input dan output atau keluaran yang memiliki state (keadaan)  yang berhingga (finite) banyaknya dan dapat berpindah dari satu state ke state yang lainnya berdasarakan input dan fungsi transisi. Transisi yang dimaksud umumnya disertai oelh aksi yang dilakukan oleh sistem ketika menanggapi masukan yang terjadi. Aksi yang dilakukan tersebut dapat berupa aksi yang sederhana atau melibatkan rangkaian yang relative kompleks.

Mesin Turing

Mesin turing merupakan model dari komputasi yang ditemukan oleh seorang ilmuan bernama Alan Turing yang berfungsi sebagai model ideal untuk melakukan perhitungan matematis. Mesin turing memiliki sebauh tape atau pita yang panjangnya tidak terhingga yang dapat membaca dan menulis data (Head) juga memiliki states atau status untuk memulai komputasi dari status start dan berakhir pada status halt.

Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

BLENDER VS SKETCHUP

Membuat suatu objek saat ini dapat dengan mudah kita lakukan dengan berbagai aplikasi yang tersedia, baik yang berbayar hingga yang gratis. Banyak software yang digunakan untuk membuat suatu desain, baik itu desain gambar, video, animasi dan lain-lain. Masing-masing software tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, salah satu software grafis yang terkenal yaitu blender. Mari kita simak menegenai blender: Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D . Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi , efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering. Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada beberapa kelebihan

Pengalaman Menggunakan Internet Pertama Kali

      Pada waktu duduk dibangku sekolah menengah pertama tepatnya pertama kali saya mencoba menggunakan internet. Lebih tepatnya kelas 7 saya diberikan tugas oleh guru salah satu mata pelajaran pada waktu sekolah. Untuk pertama kali saya dapat mengakses internet di salah satu tempat dekat dengan sekolah yaitu warnet atau warung internet. Karena pada waktu itu saya belum memiliki akses internet di rumah dan untuk pertama kalinya saya mendapatkan tugas untuk mencari data mengenai suatu pembahasan atau materi yang diberikan oleh guru saya pada saat itu.       Ketika saya pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas ditemani oleh salah seorang teman satu kelas yang memang diberikan tugas dengan materi yang sama sehingga kita dapat mengerjakan bersama. Saya memilih internet explorer untuk dapat mengakses internet tersebut. Namun, menurut saya browser tersebut cukup lambat dalam mengakses internet dan saya memutuskan untuk beralih atau mencari browser lain yang dapat mengakses internet denga

Membetulkan dan Mengefektifkan Kalimat

Membetulkan dan Mengefektifkan Kalimat A.Pengantar Untuk dapat membetulkan sesuatu, kita harus mengetahuidengan tepat letak kesalahan terlebih dahulu. Tanpa mengetahui letak kesalahannya, suatu pembetulan mungkin justru menyebabkan kesalahan atau kerusakan yang lebih parah dari sebelumnya. Demikian pula dalam pembetulan suatu kalimat. Kesalahan penyimpangan dari aturan yang benar atau betul. Pada garis besarnya kesalahan itu dapat dibedakan menjadi kesalahan ejaan ( termasuk didalamnya kesalahan tanda baca) dan kesalahan tata bahasa. Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat ditangkap dan mudah dipahami oleh pembaca, menghayati masing-masing tuturan itu. Keterpahaman inilah yang mennjadi salah satu kriteria kalimat efektif. B.Kesalahan Kalimat Kesalahan kalimat dapat dibedakan dari dua segi, yakni kesalahan internal dan kesalahan eksternal. Kesalahan internal adalah kesalahan kalimat yang diukur dari unsur-unsur dalam kalimat, sedangkan kesalahan ekster