Analisis
Situasi Pasar
Analisis
pasar pada dasarnya memahami perkembangan pasar yang sudah ada. Pasar
ditentukan dari besarnya tingkat kebutuhan masyarakat pada masing-masing
wilayah. Terdapat 2 jenis pasar yaitu pertama untuk memenuhi kebutuhan pasar
seperti berita, kirim pesan dan yang kedua menciptakan pasar seperti adanya e-commerce
sebagai perkembangan teknologi untuk mamasarkan suatu produk.
Adanya
suatu pasar dimaksudkan untuk menyediakan segala kebutuhan masyarakat dan
masyarakat mampu untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan begitu pasar berpengaruh
bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan tetapi juga berpengaruh
faktor ekonomi masyarakat.
Dalam
hal ini akan dibahas mengenai pasar e-commerce pada salah satu perusahaan
retail bernama Zalora yang dikelola oleh PT Eservices Indonesia. Perusahaan tersebut
bergerak dalam penjualan fashion / pakaian baik untuk pria maupun wanita. Pemasaran yang
diterapkan oleh perusahaan tersebut yaitu biaya pengiriman gratis ke seluruh
Indonesia dan memberikan garansi kepuasan kepada pelanggan jika merasa tidak
puas maka produk yang sudah diterima dapat dikembalikan dan ditukar dengan yang
lebih baik.
Dalam
memasarkan produknya perusahaan tersebut menggunakan layanan website yang artinya
hanya dapat diakses dengan koneksi internet dan memiliki navigasi sederhana
yang mudah untuk dioperasikan para pengguna dan dapat menampilkan gambar dari
produk dengan kualitas yang baik yang dapat membuat pengunjung situs tersebut
tertarik. Selain itu, terdapat banyaknya pilihan brand ternama baik local maupun
internasional sehingga dapat memberikan rasa tertarik dan kepuasan tersendiri
bagi para konsumen.
Saat
ini hampir sebagian besar orang menggunakan smartphone, dan untuk memberikan fungsi
untuk smartphone tersebut yaitu dengan cara mengkoneksikannya ke internet agar
dapat mengakses informasi apapun dengan cepat. Untuk itu, kebutuhan akan
internet akan semakin besar dan dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk
bisnis. Oleh karenanya perusahaan Zalora membaca sebuah peluang besar untuk
berbisnis dengan menggunakan fasilitas website sehingga dapat diakses oleh
siapapun.
Disamping
berkembangnya kebutuhan akan internet, pasar e-commerce pun juga semakin besar
karena banyaknya peluang untuk menghasilkan uang dengan berbisnis secara
online.Tidak
hanya Zalora, tetapi banyak perusahaan yang bergerak dalam bisnis online
(e-commerce) seperti Lazada, Misteraladin dan masih banyak lagi.
Dengan
banyaknya pasar e-commerce maka akan membuat semakin banyak daya saing yang
ketat untuk berlomba memberikan layanan dan produk terbaik untuk para konsumen
termasuk penambahan fitur-fitur, promo, dan aplikasi yang dapat diunduh serta
dinstal pada smartphone.
Sumber:
http://indraputrabintan.blogspot.co.id/2013/03/analisis-situasi-pasar-dan-analisis.html#.WBR-jPl97IU
http://indraputrabintan.blogspot.co.id/2013/03/analisis-situasi-pasar-dan-analisis.html#.WBR-jPl97IU
Comments
Post a Comment