TUGAS SOFTSKILL
MAKALAH DESAIN PEMODELAN GRAFIK
MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER
Dibuat Oleh :
1.
Andika
Pratama 50413889
2.
Faur
Rizal Ode Surahi 53413314
3.
Hafidz
Dewantoro 53413830
4.
Jefrendi
Ginting 54413639
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016
ANIMASI 3D DORAEMON
PENDAHULUAN
Animasi
adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun
secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap
pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam
definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses
pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator
harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari
keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam
perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi
yang menarik untuk disaksikan.
Blender adalah
perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini
digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D
interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk
pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi
cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital,
dan rendering.
Adapun tujuan penulian makalah
desain permodelan grafik ini adalah:
1. Untuk mengetahui penjelasan dari aplikasi
BLENDER.
2. Untuk
membuat pemodelan dan animasi grafis dengan menggunakan software BLENDER.
PEMBAHASAN
Konsep dasar
Dalam project
kelompok kami kali ini kami akan membuat sebuah animasi menggunakan blender,
gambaran dari inimasi yang akan kami buat adalah bertema Teknologi Masa Depan dimana dalam animasi tersebut, terdapat sebuah robot kucing yang datang dari masa depan dan menggunakan
alat yang yang canggih berupa senter pembesar. Dalam animasi tersebut terdapat kita bisa mengambilhikmanya
yaitu seiring majunya teknologi dimasa depan kita dapat membesarkan apapun
dengan menggunakan senter pembesar.
Tahapan pembuatan animasi
Pertama
dalam pembuatan animasi kita buka software blender terlebih dahulu.
Dalam pembuatan
animasi ini kita membutuhkan beberapa objek diantaranya doraemon, senter pembesar dan kue
dorayaki. Akan tetapi pada makalah ini kami cuma menjelaskan cara pembuatan objek
doraemon.
setelAh
itu yang harus dilakukan untuk membuat karakter doraemon adalah membuat objek
cube dengan cara menekan tombol shift + A lalu mesh pilih cube.
Setelah
itu tekan tombol W pada keyboard lalu pilih subdivece untuk membagi menjadi
beberapa bagian
Jika
sudah tekan tombol W lagi akan tetapi sekkarang pilih Smooth
Jika
sudah diseleksi tekan x dan pilih vertices untuk menghapus.
Disini
saya menambahkan mirror untuk mempermudah pembuatan objek yang ingin dibuat.
Maka
akan tampak seperti gambar dibawah ini.
Kemudian
untuk menambahkan kotak seperti dibawah ini lakukan dengan cara tekan E untuk
mengekstrud dan tekan S untuk mengatur skalanya.
Lakukan
hal yang sama untuk mendapatkan gambar seperti dibawah ini. Bagian ini adalah
pembuatan badan dan kepala dari karakter doraemon.
Dibawah
ini pembuatan kaki karakter doraemon, lakukan extrude dan skala untuk
mendapatkan gambar dibawah.
Kemudian
lakukan pembagian segment dengan cara tekan R dan atur sesuai yang diinginkan.
Maka akan tampak seperti gambar.
Kemudian
seleksi atau atur badan beserta kaki doraemon tersebut dengan memakai edge
select pada edit mode.
Untuk
menghaluskan klik smooth pada tools sebelah kanan dan bisa juga dilakukan
subdivide.
Setelah
diatur semuanya maka akan tampak seperti gambar berikut.
Lalu
tambahkan tangannya dengan cara yang serupa sewaktu penambahan kaki, hanya
perlu di extrude saja kemudian atur sesuai yang diinginkan dengan edge select.
Kemudian tambahkan objek kubus untuk
membuat kancing pada tubuh doraemon dan ubah objeknya sesuai yang diinginkan. Kemudian tempelkan pada badan doraemon yang
sudah dirancang tadi. Dibawah ini pembuatan mata untuk karakter doraemon
menggunakan uv sphare.
Lalu
tempelkan mata tersebut ke bagian objek yang sudah diatukan tadi dengan cara
klik objek mata tekan shift lalu klik objek badannya kemudia ctrl+j untuk
menyatukan/menggabungkan kedua objek tersebut.
Lalu
pemasangan mulut pada doraemon. Memasukkan tulang agar dapat bergerak seperti
halnya manusia dengan cara shift+a lalu pilih armature kemudian single bone,
atur tulang sesuai yang diinginkan.
Setelah tulang
muncul gunakan teknik extrud dengan menekan “E” dan tarik pada sumbu yang di
kehendaki, teknik extrude sendiri adalah teknik percabangan dalam blender.
Cocokan tulang sesuai sendi yang ingin kita buat , setelah selesai maka
hasilnya akan seperti dibawah ini.
Setelah proses proses rigging
selesai kita perlu mewarnai objek tersebut, untuk mewarnai onjek pertama pilih
material lalu pilih “+” pilih warna pada diffuse setelah itu blok bagian yang
ingin diwarnai dan pilihh assign
Maka siaplah kita untuk
menggerakan objek tersebut, untuk memulai menggerakan objek pertama masuk ke
pose pose mode
Pertama kita harus memperhatikan
frame diatas, yang berfungsi sebagai waktu seberapa lama kita bergerak
Setelah masuk ke pose mode kita
pilih tulang yang ingin di gerakan atau diubah posisinya, ketikan “R” untuk
rotasi dan pilih sumbu yang di inginkan
Setelah pergeseran selesai klik I
dan pilih locrotscale untuk mengunci pergerakan yang telah kita buat
sebelumnya.
Setelah pembuatan selesai
selanjutnya proses
pergerakan atau rigging animasi, sama seperti objek manusia kita tinggal
mengatur waktu pada frame dan
atur pergerakan objek setelah selesai klik “i” dan pilih locrotscale dan frame yang bergaris
hijau pun akan menjadi kuning dan itu tandanya pergerakan telah terkunci. Setiap igin digerakan klik kanan
dulu pada frame setelah itu baru kita locrotscale, setelah itu Atur dah pergerakananya
sesuai keiginan kita.
PENUTUP
Jadi dalam pembuatan model desain grafis aplikasi BLENDER
sangat cocok digunakan karena memiliki fitur untuk membuat Animation dan
juga game 3D. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi. Perangkat lunak
ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa
saja. Blender juga menawarkan sesuatu yang menarik yaitu dengan menambahkan fitur-fitur
pencahayaan.
ini muncul kesulitan seseorang untuk mempelajarinya
dikarenakan sumber referensi pembelajaran yang kurang lengkap. Maka dari itu mereka ini ingin membuat suatu “Light Modeling in Blender”.
Ini untuk mempermudah mempelajari dan meningkatkan
pengetahuannya tentangpenggunaan model pada Blender. Maka tidak heran Blender banyak di gunakan
sebagai pembuatan film animasi yang bergengsi.
DAFTAR PUSTAKA
👍👍👍👍👍
ReplyDelete