Skip to main content

Makalah Desain Pemodelan Grafik dengan Aplikasi Blender




TUGAS SOFTSKILL
MAKALAH DESAIN PEMODELAN GRAFIK
MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER





Dibuat Oleh :

       Nama                                                      NPM

  1.    Andika Pratama                                   50413889                   
  2.    Faur Rizal Ode Surahi                              53413314
  3.    Hafidz Dewantoro                                    53413830
  4.    Jefrendi Ginting                                        54413639







UNIVERSITAS GUNADARMA
2016



ANIMASI 3D DORAEMON

PENDAHULUAN
          Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.

Adapun tujuan penulian makalah  desain permodelan grafik ini adalah:

1.  Untuk mengetahui penjelasan dari aplikasi BLENDER.
2.  Untuk membuat pemodelan dan animasi grafis dengan menggunakan software BLENDER.





PEMBAHASAN

Konsep dasar
Dalam project kelompok kami kali ini kami akan membuat sebuah animasi menggunakan blender, gambaran dari inimasi yang akan kami buat adalah bertema Teknologi Masa Depan dimana dalam animasi tersebut, terdapat sebuah robot kucing yang datang dari masa depan dan menggunakan alat yang yang canggih berupa senter pembesar.  Dalam animasi tersebut terdapat kita bisa mengambilhikmanya yaitu seiring majunya teknologi dimasa depan kita dapat membesarkan apapun dengan menggunakan senter pembesar.

Tahapan pembuatan animasi
            Pertama dalam pembuatan animasi kita buka software blender  terlebih dahulu.

Dalam pembuatan animasi ini kita membutuhkan beberapa objek diantaranya doraemon, senter pembesar dan kue dorayaki. Akan tetapi pada makalah ini kami cuma menjelaskan cara pembuatan objek doraemon.

setelAh itu yang harus dilakukan untuk membuat karakter doraemon adalah membuat objek cube dengan cara menekan tombol shift + A lalu mesh pilih cube.

Setelah itu tekan tombol W pada keyboard lalu pilih subdivece untuk membagi menjadi beberapa bagian

Jika sudah tekan tombol W lagi akan tetapi sekkarang pilih Smooth

Jika sudah diseleksi tekan x dan pilih vertices untuk menghapus.

Disini saya menambahkan mirror untuk mempermudah pembuatan objek yang ingin dibuat.


Maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.


Kemudian untuk menambahkan kotak seperti dibawah ini lakukan dengan cara tekan E untuk mengekstrud dan tekan S untuk mengatur skalanya.
Lakukan hal yang sama untuk mendapatkan gambar seperti dibawah ini. Bagian ini adalah pembuatan badan dan kepala dari karakter doraemon.
Dibawah ini pembuatan kaki karakter doraemon, lakukan extrude dan skala untuk mendapatkan gambar dibawah.
Kemudian lakukan pembagian segment dengan cara tekan R dan atur sesuai yang diinginkan. Maka akan tampak seperti gambar.
Kemudian seleksi atau atur badan beserta kaki doraemon tersebut dengan memakai edge select pada edit mode.
Untuk menghaluskan klik smooth pada tools sebelah kanan dan bisa juga dilakukan subdivide.

Setelah diatur semuanya maka akan tampak seperti gambar berikut.

                      
Lalu tambahkan tangannya dengan cara yang serupa sewaktu penambahan kaki, hanya perlu di extrude saja kemudian atur sesuai yang diinginkan dengan edge select.
Kemudian tambahkan objek kubus untuk membuat kancing pada tubuh doraemon dan ubah objeknya sesuai yang diinginkan. Kemudian tempelkan pada badan doraemon yang sudah dirancang tadi. Dibawah ini pembuatan mata untuk karakter doraemon menggunakan uv sphare.



Lalu tempelkan mata tersebut ke bagian objek yang sudah diatukan tadi dengan cara klik objek mata tekan shift lalu klik objek badannya kemudia ctrl+j untuk menyatukan/menggabungkan kedua objek tersebut.
Lalu pemasangan mulut pada doraemon. Memasukkan tulang agar dapat bergerak seperti halnya manusia dengan cara shift+a lalu pilih armature kemudian single bone, atur tulang sesuai yang diinginkan.
Setelah tulang muncul gunakan teknik extrud dengan menekan “E” dan tarik pada sumbu yang di kehendaki, teknik extrude sendiri adalah teknik percabangan dalam blender. Cocokan tulang sesuai sendi yang ingin kita buat , setelah selesai maka hasilnya akan seperti dibawah ini.




Setelah proses proses rigging selesai kita perlu mewarnai objek tersebut, untuk mewarnai onjek pertama pilih material lalu pilih “+” pilih warna pada diffuse setelah itu blok bagian yang ingin diwarnai dan pilihh assign
Maka siaplah kita untuk menggerakan objek tersebut, untuk memulai menggerakan objek pertama masuk ke pose pose mode



Pertama kita harus memperhatikan frame diatas, yang berfungsi sebagai waktu seberapa lama kita bergerak



Setelah masuk ke pose mode kita pilih tulang yang ingin di gerakan atau diubah posisinya, ketikan “R” untuk rotasi dan pilih sumbu yang di inginkan



Setelah pergeseran selesai klik I dan pilih locrotscale untuk mengunci pergerakan yang telah kita buat sebelumnya.




Setelah pembuatan selesai selanjutnya proses pergerakan atau rigging animasi, sama seperti objek manusia kita tinggal mengatur waktu pada frame dan atur pergerakan objek setelah selesai klik “i” dan pilih locrotscale dan frame yang bergaris hijau pun akan menjadi kuning dan itu tandanya pergerakan telah terkunci. Setiap igin digerakan klik kanan dulu pada frame setelah itu baru kita locrotscale, setelah itu Atur dah pergerakananya sesuai keiginan kita.








PENUTUP
Jadi dalam pembuatan model desain grafis aplikasi BLENDER sangat cocok digunakan karena memiliki fitur untuk membuat Animation dan juga game 3D. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi. Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja. Blender  juga menawarkan sesuatu yang menarik yaitu dengan menambahkan fitur-fitur pencahayaan.
ini muncul kesulitan seseorang untuk mempelajarinya dikarenakan sumber referensi pembelajaran yang kurang lengkap. Maka dari itu mereka  ini ingin membuat suatu “Light Modeling in Blender”.
Ini untuk mempermudah mempelajari dan meningkatkan pengetahuannya tentangpenggunaan model pada Blender. Maka tidak heran Blender banyak di gunakan sebagai pembuatan film animasi yang bergengsi.


DAFTAR PUSTAKA


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Menggunakan Internet Pertama Kali

      Pada waktu duduk dibangku sekolah menengah pertama tepatnya pertama kali saya mencoba menggunakan internet. Lebih tepatnya kelas 7 saya diberikan tugas oleh guru salah satu mata pelajaran pada waktu sekolah. Untuk pertama kali saya dapat mengakses internet di salah satu tempat dekat dengan sekolah yaitu warnet atau warung internet. Karena pada waktu itu saya belum memiliki akses internet di rumah dan untuk pertama kalinya saya mendapatkan tugas untuk mencari data mengenai suatu pembahasan atau materi yang diberikan oleh guru saya pada saat itu.       Ketika saya pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas ditemani oleh salah seorang teman satu kelas yang memang diberikan tugas dengan materi yang sama sehingga kita dapat mengerjakan bersama. Saya memilih internet explorer untuk dapat mengakses internet tersebut. Namun, menurut saya browser tersebut cukup lambat dalam mengakses internet dan saya memutuskan untuk beralih atau mencari browser lain yang d...

BLENDER VS SKETCHUP

Membuat suatu objek saat ini dapat dengan mudah kita lakukan dengan berbagai aplikasi yang tersedia, baik yang berbayar hingga yang gratis. Banyak software yang digunakan untuk membuat suatu desain, baik itu desain gambar, video, animasi dan lain-lain. Masing-masing software tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, salah satu software grafis yang terkenal yaitu blender. Mari kita simak menegenai blender: Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D . Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi , efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering. Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada beberapa kelebihan...

UCAPAN DAN EJAAN

UCAPAN DAN EJAAN A.Ucapan          Pengaruh   ucapan itu sulit dihindarkan oleh siapapun sehingga dapat menjadi suatu ciri yang membedakan ucapan antara orang yang satu dengan yang lain. Misalnya bahasa indonesia yang diucapakan oleh orang yang berasal dari sunda dengan orang yang berasal dari jawa. Tentunya kita dapat mengetahui daerah asal mereka berdasarkan ucapannya. B.Ejaan 1.Pengantar 2.Penulisan Huruf a.Penulisan huruf kapital          Huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama yang berhubungan dengan nama Tuhan dan Kitab suci. Untuk Tuhan kata gantinya dapat ditulis dengan huruf kapital. Contoh:         Semoga mereka selalu dalam lindungan-Nya                    Hanya kepada Engkau kami memohon perlindungan      ...