Skip to main content

SUKU BIMA (NUSA TENGGARA BARAT)



1.Latar Belakang
            Negara Indonesia memiliki beragam budaya yang tak ternilai harganya. Salah satunya Negara Indonesia memiliki bermacam-macam suku disetiap wilayahnya. Suku Bima salah satunya, suku yang berada di kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Bima merupakan salah satu nama daerah yang kaya akan budaya dan adat istiadat yang merupakan ciri khas dari masyarakat Bima itu sendiri. Banyaknya budaya dan etnis yang masuk ke daerah Bima, menyebabkan banyaknya agama yang dianut oleh masyarakat cukup beragam, meskipun lebih dari 90% masyarakat Bima sekarang menganut agama  islam. Tetapi, sekarang budaya dan tradisi itu semakin meluntur. Banyaknya anak-anak dan remaja yang mereka tidak mengetahui tentang budayanya sendiri. Padahal, budaya, tradisi dan adat-istiadat itu perlu kita jaga dan lestarikan bersama. Sangat disayangkan, apabila budaya yang diwariskan secara turun-temurun dan merupakan ciri khas Negara Indonsia itu hilang atau diambil oleh Negara lain.

2.Sejarah
            Nama Bima sendiri itu berasal dari nama leluhur raja-raja Bima pertama. Dulunya, Bima merupakan kerjaan terpenting di pulau Sumbawa. Pada abad 17-19, kerajaan Bima banyak melakukan hubungan baik dengan Makassar. Bima terletak pada jalur maritime, sehingga menjadi tempat persinggahan penting dalam jaringan perdagangan dari malaka ke Maluku. Mata pencaharian utama masyarakatnya adalah bertani.

3.Tradisi
            Aktivitas  berladang atau bercocok tanam merupakan warisan leluhur yang menjadi tradisi dan warisan secara turun-temurun. Begitupun bagi masyarakat Bima itu sendiri. Tradisi berladang mereka ditandai dengan kehidupan diatas gunung. Mereka menggarap ladang berpindah-pindah dari gunung satu ke gunung yang lainnya. Hal itu dilakukan  untuk memenuhi kebutuhan hidup dan upaya untuk menjauhkan diri dari kemiskinan. Selain itu, cara berladang mereka yang berpindah-pindah itu dipengaruhi pada tradisi berladang rakyat yang berpindah-pindah.
            Hal yang menarik dari budaya berladangnya yaitu, sebelum memulai berladang, mereka bermusyawarah terlebih dahulu. Mereka membahas masalah pembagian kerja antara kaum laki-laki dan perempuan. Dalam pembagian kerja, laki-laki  menyiapkan seluruh peralatan seperti batu asahan/kamalo, parang/cila dan kapak/ponggo. Sementar kaum perempuan menyiapkan makan dan minum. Kaum perempuan juga melakukan penanaman pada lading yang sudah disiapkan oleh kaum laiki-laki.
             Selain itu suku Bima juga memiliki tradisi yang dikenal adalah kerajinan tenun dan balap kuda. Pusat tenun dipusatkan di kawasan Rabadompu yang hingga kini jejak warisan tradisi itu masih hidup dan berkembang menjadi kebanggan warga setempat. Sudah kita ketahui bahwa kain tenun yang dihasilkan, memiliki kualitas yang baik dan memiliki nilai estetika tersendiri yang mampu menarik perhatian orang diluar suku itu bahkan hingga luar negeri.
            Sementara itu, ada motif yang popular yang dihasilkan dari kegiatan menenun, diantaranya suri kakandau dan gasuwarung. Motif tersebut erat kaitannya dengan sejarah peruangan suku Bima saat melawan penjajah Belanda dengan menggunakan bambu runcing. Sedangkan motif gasarung menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Bima yang bekerja mencari kepiting di pantai.
            Keunikan dari suku Bima lainnya adalah permainan balap kuda yang digelar setiap hari minggu pagi. Pacuan kuda ini termasuk kelas latihan untuk kelas yang lebih tinggi seperti tingkat pemerintah kota atau yang melibatkan semua kota atau kabupaten di pulau Sumba. Terdapat tempat untuk bermain pacuan kuda yang terkenal yaitu di arena pacuan kuda panda, biasanya lomba di gelar setiap bulan Agustus dan melibatkan ratusan kuda pilihan, lomba semakin meriah karena setiap kuda memiliki penggemar.

3.Budaya
            Salah satu paralatan dan perlengkapan hidup yang sangat diperhatikan oleh masyarakat Bima adalah pakaian. Bima mengenal bermacam-macam jenis pakaian adat yaitu :
1. Baju poro berwarna merah untuk para gadis, berwarna ungu hitam untuk kaum ibu. Di ujung lengan baju di pasang satampa baju yang berfungsi sebagai penutup lengan dan juga sebagai aksesoris
2. Tembe songke atau sarung songket warna dasar coklat dan boleh juga hitam dengan motif garis-garis kecil dihiasi dengan sulaman benang emas dan perak untuk semua laki-laki.
            Di daerah Bima ada pembagin alat musik, menurut pembagian tersebut silu termasuk golongan alat musik tiup, alat musik pukul dengan tangan misalnya rebana, alat musik petik misalnya gambus, alat musik yang dipukul misalnya gendang, alat musik gesek misalnya biola Bima.
            Terdapat budaya tarian pada suku Bima diantaranya Tari mpaa lenggo sebuah tarian guna menyambut maulid nabi muhammad saw. Tarian ini juga sering dipertunjukan pada upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja. Tari batunganga sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat, mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. Mereka memohon agar sang putridapat keluar dari dalam batu itu.
            Terdapat pula bangunan adat pada suku Bima, diantaranya ada Istana sultan sumbawa merupakan model rumah adat daerah Nusa Tenggara Barat. Bangunan tersebut berlantai tiga terbuat dari kayu jati dan beratap sirap. Lantai bawah tempat pengawalan. Lantai kedua tempat kediaman sultan dan permaisuri. Sedangkan lantai tiga disediakan untuk para putri dan keluarga lainnya.


Sumber:          
 





Comments

Popular posts from this blog

BLENDER VS SKETCHUP

Membuat suatu objek saat ini dapat dengan mudah kita lakukan dengan berbagai aplikasi yang tersedia, baik yang berbayar hingga yang gratis. Banyak software yang digunakan untuk membuat suatu desain, baik itu desain gambar, video, animasi dan lain-lain. Masing-masing software tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, salah satu software grafis yang terkenal yaitu blender. Mari kita simak menegenai blender: Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D . Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi , efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering. Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada beberapa kelebihan

Pengalaman Menggunakan Internet Pertama Kali

      Pada waktu duduk dibangku sekolah menengah pertama tepatnya pertama kali saya mencoba menggunakan internet. Lebih tepatnya kelas 7 saya diberikan tugas oleh guru salah satu mata pelajaran pada waktu sekolah. Untuk pertama kali saya dapat mengakses internet di salah satu tempat dekat dengan sekolah yaitu warnet atau warung internet. Karena pada waktu itu saya belum memiliki akses internet di rumah dan untuk pertama kalinya saya mendapatkan tugas untuk mencari data mengenai suatu pembahasan atau materi yang diberikan oleh guru saya pada saat itu.       Ketika saya pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas ditemani oleh salah seorang teman satu kelas yang memang diberikan tugas dengan materi yang sama sehingga kita dapat mengerjakan bersama. Saya memilih internet explorer untuk dapat mengakses internet tersebut. Namun, menurut saya browser tersebut cukup lambat dalam mengakses internet dan saya memutuskan untuk beralih atau mencari browser lain yang dapat mengakses internet denga

Membetulkan dan Mengefektifkan Kalimat

Membetulkan dan Mengefektifkan Kalimat A.Pengantar Untuk dapat membetulkan sesuatu, kita harus mengetahuidengan tepat letak kesalahan terlebih dahulu. Tanpa mengetahui letak kesalahannya, suatu pembetulan mungkin justru menyebabkan kesalahan atau kerusakan yang lebih parah dari sebelumnya. Demikian pula dalam pembetulan suatu kalimat. Kesalahan penyimpangan dari aturan yang benar atau betul. Pada garis besarnya kesalahan itu dapat dibedakan menjadi kesalahan ejaan ( termasuk didalamnya kesalahan tanda baca) dan kesalahan tata bahasa. Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat ditangkap dan mudah dipahami oleh pembaca, menghayati masing-masing tuturan itu. Keterpahaman inilah yang mennjadi salah satu kriteria kalimat efektif. B.Kesalahan Kalimat Kesalahan kalimat dapat dibedakan dari dua segi, yakni kesalahan internal dan kesalahan eksternal. Kesalahan internal adalah kesalahan kalimat yang diukur dari unsur-unsur dalam kalimat, sedangkan kesalahan ekster