Pada tulisan kali ini, saya akan membahas mengenai tanggungjawab sosial perusahaan. Tanggungjawab sosial dari perusahaan toyota Indonesia. Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu tanggung jawab sosial perusahaan atau yang biasa disebut CSR (Corporate Social Responsibility). CSR merupakan suatu bentuk kondisi dimana sebuah perusahaan yang telah dibuat harus memikirkan rasa tanggung jawab atas usaha yang didirikan agar tidak ada pihak ataupun lingkungan yang dirugikan karena aktivitas dari perusahaan tersebut.
Sebagai contoh dari CSR itu sendiri seperti perusahaan toyota Indonesia yang sejak lama telah berkontribusi besar untuk negara Indonesia. Perusahaan tersebut tidak hanya berkontribusi pada pengembangan bisnis dan kemajuan perusahaan saja, tetapi juga berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk Indonesia sebagai bentuk tanggung jawab sosial melalui berbagai program yang terdiri dari empat bidang yaitu lingkungan, pendidikan, traffic safety, dan community development.
Pada bidang lingkungan, antara lain Toyota Forest, Karawang (2003), Toyota City Forest, Plumpang, Jakarta Utara (2005), Toyota Park, Cempaka Putih, Jakarta Utara (2008), Toyota Eco Youth (sejak 2005), Auto2000's 3500 seeds planting (sejak 2007), Astra Park dalam kolaborasi dengan anak usaha Astra (pada 2010), dan Toyota Car For Tree -Toyota Eco Island (sejak 2010).
Salah satu aktivitas CSR Toyota di bidang pendidikan adalah Toyota Technical Education Program (TTEP), yang merupakan program link dan match antara program Kementrian Pendidikan Nosional dan TAM dalam bidang pendidikan, untuk merpersiapkan teknisi ahli untuk memenuhi kebutuhan industri otomotif nasional. Kegiatan TTEP antara lain yakni kurikulum pendidikan otomotif, training material, pelatihan guru, ppemberian bantuan pelatihan. Sepanjang 2013, ada peningkatan empat sekolah sub TTEP menjadi TTEP yang telah dilaksanakan, yakni SMKN 1 Cibinong, SMK Bunda Satria Wangon, SMKN 2 Surabaya dan SMK Pelita Binjai. Program TTEP dilaksanakan bersama Yayasan Toyota Astra (YTA) yang didirikan pada 1974 oleh PT Astra International Tbk dan PT Toyota Astra Motor untuk turut berkontribusi membangun kehidupan intelektual bangsa melalui penyediaan bantuan dana dan pembiayaan untuk kegiatan pendidikan, riset dan pengembangan ilmu sains dan teknologi, teritama teknologi otomotif.
Sementara itu, di bidang Traffic Safety adalah Toyota Smart Driving. Adapun di bidang Community Development, yakni berupa pemberdayaan lingkungan sekitar untuk mencapai hubungan yang harmonis (pendidikan, kesehatan, ekonomi, kebudayaan, lingkungan, dan keagamaan). Program CSR tersebut dilaksanakan secara tahunan. Di masa depan, TAM (Toyota Astra Motor) akan terus meningkatkan aktivitas CSR yang berfokus pada pendidikan, lingkungan, dan traffic safety yang merupakan bagian dari komitmen TAM untuk memberikan kontribusi sosial yang baik terhadapa masyarakat, lingkungan dan negara Indonesia.
Dengan adanya CSR tentu perusahaan tidak hanya memikirkan pengembangan dan masalah kemajuan bisnisnya saja akan tetapi juga turut memberikan konribusi pada masyarakat, lingkungan dan negara tercinta Indonesia. Sekian tulisan ini saya buat semoga dapat menjadi wawasan dan tambahan informasi untuk para pembaca.
👍
ReplyDelete